Kendala Membatik dan Solusinya

Membatik memang mengasyikan kata beberapa orang, namun ada beberapa hal yang membuat para pembatik menjadi jengkel dan kehilangan waktu banyak. Tentunya saat mereka mengalami persoalan dengan sumbu kompor yang harus diganti apabila sumbunya sudah habis. Penggantian sumbu kompor memakan waktu yang lama, ditambah dengan menunggu suapaya malam / lilin menajdi cair dan siap dipakai untuk membatik kembali.
Nah bagaimana dengan yang baru pertama kali membatik, wah tentunya akan membuat mereka menjadi kesal.  Bagaimana solusinya untuk kita bisa membatik dengan efektif.
Sudah ada canting elektrik dan juga kompor listrik yang dapat mengatasi persoalan tersebut. Tentunya kita bisa memilih salah satunya. Apabila kita sudah memiliki canting elektrik tentunya tidak usah membeli kompor elektrik dan wajannya. Apabila sudah memiliki canting biasa dan wajannya beli saja kompor elektrik.

0 komentar:

Posting Komentar

Batik adalah salah satu cipta budaya tinggi bangsa Indonesia. Batik telah disahkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda milik Indonesia, mengikuti wayang (2003) dan keris (2006) yang sudah lebih dulu diakui oleh UNESCO. Kita memiliki jenis batik yang sangat kaya. Secara garis besar, batik dikelompokkan menjadi 2 yakni Batik Keraton Jawa dan Batik Pantai Utara. Batik keraton Jawa pun ada dua macam, yaitu Batik Yogya dan Batik Solo.