SABUN LERAK UNTUK MENCUCI BATIK

Mencuci baju batik tidaklah sama dengan mencuci baju pada umumnya, karena baju batik dibuat dengan bahan yang berbeda dengan baju biasa, oleh karena diperlukan kehati-hatian dalam mencuci baju batik agar warnanya tidak luntur dan pudar,. Banyak cara yang dapat kita gunakan untuk menuci baju batik salah satunya adalah dengan menggunakan sabun lerak.
Sabun lerak adalah sabun pencuci batik yang terbuat dari ekstrak buah dari tanaman Lerak. Tumbuhan lerak masih satu suku dengan tanaman rambutan yaitu termasuk ke dalam Sapindaceae , berbentuk pohon dan rata-rata tinggi pohon lerak adalah sekitar 10 meter bahkan bisa mencapai hampir 50 meter dengan diameter 1 meter, bentuk daunnya bulat-telur berujung runcing, bertepi rata, bertangkai pendek dan berwarna hijau. Biji terbungkus kulit cukup keras bulat seperti kelereng, kalau sudah masak warnanya coklat kehitaman, permukaan buah licin dan mengkilat.

                                        

                                                       Gambar pohon dan buah lerak.
 
Buah lerak mengandung senyawa Saponin, zat inilah yang menghasilkan busa dari buah lerak. Saponin adalah kelas senyawa kimia yang memiliki kemampuan untuk membersihkan dan mencuci. Dan dari berbagai percobaan, saponin terbukti mempunyai kemampuan pembersih yang sangat baik yang mampu menghapus kotoran dari segala macam dari kain, gelas, lantai, emas, jendela, bahkan memandikan dan membersihkan binatang peliharaan dan lainnya. Saponin sangat efektif juga lembut dan ramah lingkungan. Karena kelembutannya, saponin mempertahankan warna dan struktur kain yang berharga lebih lama dari deterjen biasa atau sabun merek apapun. Anda bisa menyebut saponin sebagai salah satu alternatif sabun dari alam.Untuk menggunakan buah lerak sebagai sabun pencuci, caranya adalah : Keringkan buah lerak, kemudian ditumbuk halus dan dicampur air hangat. Larutan ini dapat digunakan untuk merendam batik selama semalam. Lerak juga bisa digunakan untuk mencuci pakaian biasa, bahkan membuat pakaian lebih awet karena tidak mengandung bahan-bahan deterjen. Masukkan 3-5 buah lerak ke dalam empat gelas air panas, lalu diremas-remas sampai muncul saponin atau buih-buih alami. Campurkan cairan saponin itu ke tempat cucian yang sudah diisi air. Saponin ini bekerja sebagai surfaktan, yang membuat air cucian "lebih basah". Akibatnya, saponin mudah masuk ke dalam serat-serat kain yang dicuci, mengikat kotoran yang melekat, dan melepas kotoran tadi dari kain cucian. Lerak juga bisa digunakan dalam mesin cuci. Caranya, masukkan 3-5 buah lerak ke kantong kain yang tersedia, lalu dimasukkan ke dalam mesin cuci. Hindari penggunaan deterjen, bahan pengharum (fragrance), maupun pelembut (softener).
Atur suhu air pada keadaan dingin/sedang dengan putaran normal, lalu mulailah mencuci. Agar bekerja efektif dan optimal, usahakan lerak dapat bersirkulasi secara bebas dan tidak terjebak dalam lipatan kain berukuran besar (misalnya seprai).Untuk mengharumkan pakaian, Anda dapat menambahkan beberapa tetes essential oil yang disukai. Jika menggunakan mesin cuci, buah lerak dapat digunakan untuk tiga kali pemakaian.
Saat ini di pasaran telah juga tersedia produk lerak cair dalam kemasan yang lebih praktis sehingga bisa langsung dipakai. Sehingga kita suda tidak perlu repot-repot lagi mencari buah lerak dan membuat sendiri sabun pencuci dari buah lerak. Harga produk lerak cair pun cukup terjangkau. Nah silahkan berburu produk lerak cair di pasar, dan pastikan baju batik anda tetap terawat dengan baik, sehingga tetap menarik saat dikenakan.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Artikelnya sangat menarik
Mau beli sari lerak?
Cek disini:
tokopedia.com/sarilerak

Posting Komentar

Batik adalah salah satu cipta budaya tinggi bangsa Indonesia. Batik telah disahkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda milik Indonesia, mengikuti wayang (2003) dan keris (2006) yang sudah lebih dulu diakui oleh UNESCO. Kita memiliki jenis batik yang sangat kaya. Secara garis besar, batik dikelompokkan menjadi 2 yakni Batik Keraton Jawa dan Batik Pantai Utara. Batik keraton Jawa pun ada dua macam, yaitu Batik Yogya dan Batik Solo.